Jumat, 12 Juni 2015

Softskill Bahasa Indonesia 2: Teori Tentang Proposal

Proposal adalah gambaran awal dari penelitian atau tulisan karya ilmiah atau merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan izin atau persetujuan atas kegiatan yang akan dilaksanakan.
Secara umum ada beberapa jenis proposal yang sangat populer, diantaranya yaitu;


1. Proposal kegiatan
2. Proposal skripsi
3. Proposal bisnis/usaha
5. Proposal penelitian
6. Proposal sponsorship untuk iklan media
  • Sistematika Penulisan Proposal Skripsi (Penelitian Kuantitatif)
Bab I : PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Rumusan dan Batasan Masalah
1.3. Tujuan Penelitian
1.4. Manfaat penelitian
1.5. Metode Penelitian
1.6. Agenda Penelitian
Bab II : LANDASAN TEORI
2.1. Kerangka Teori
2.2. Kajian Penelitian Sejenis
2.3. Alat Analisis
Bab III : METODE PENELITIAN ( lihat sub-bab 1.5. dalam Bab I )
3.1. Objek Penelitian
Bab III 
Bab IV : PEMBAHASAN
4.1. Data dan Profile Objek Penelitian
4.2. Hasil Penelitian dan Analisis/Pembahasan
4.3. Rangkuman Hasil Penelitian
Bab V : PENUTUP
5.1. Kesimpulan
5.2. Saran
5.3. Keterbatasan Penelitian (optional)
C. Bagian Akhir
  • Contoh Proposal Ilmiah
  • Sistematika Contoh Proposal Kegiatan
Judul proposal kegiatan ini merupakan judul kegiatan, misalnya “PROPOSAL KEGIATAN HALAL BIHALAL 1417H DESA TLANGU”
2. Latar Belakang
Latar belakang proposal kegiatan ini berisi dasar atau alasan suatu kegiatan perlu dilakukan.
3. Tujuan
Tujuan proposal kegiatan adalah hasil yang diharapkan dari kegiatan yang diadakan
4. Kegiatan
Kegiatan proposal ini berisi kegiatan pokok yang akan dilaksanakan, biasanya dilampiri dengan jadwal kegiatan secara lengkap.
5.  Anggaran
Anggaran proposal kegiatan ini harus dilampirkan secara rinci dan detail.
  • Contoh Proposal Kegiatan Halal Bihalal
I. Latar Belakang
Manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan perhatian, teman dan kasih sayang dari sesamanya. Setiap diri terikat dengan berbagai bentuk ikatan dan hubungan, diantaranya hubungan emosional, sosial, ekonomi dan hubungan kemanusiaan lainnya. Maka demi mencapai kebutuhan tersebut adalah fitrah untuk selalu berusaha berbuat baik terhadap sesamanya. Islam sangat memahami hal tersebut, oleh sebab itu silaturahmi harus dilaksanakan dengan baik.Sesungguhnya silaturahmi merupakan amal shalih yang penuh berkah, dan memberikan kepada pelakunya kebaikan di dunia dan akhirat, menjadikannya diberkahi di manapun ia berada, Allah SWT memberikan berkah kepadanya di setiap kondisi dan perbuatannya, baik yang segera maupun yang tertunda.
Sama halnya dengan keluarga besar Karang Taruna Maju Bersama, pada bulan yang suci perlu diadakannya acara Halal Bihalal untuk menjaga tali silaturahmi. Agar menjadi fitrah kembali dan menambah keharmonisan hubungan kemasyarakatan maka perlu diadakannya  acara ini.
Selain kegiatan halal bihalal yang bertujuan untuk menyambung tali silaturrohim antar sesama keluarga besar Karang taruna Maju Bersama dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengumpulan dana untuk Bakti Sosial yang akan diserahkan ke Panti Asuhan terdekat.
II. Tujuan
Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idhul Fitri 1432 H, Karang Taruna Maju Bersama selaku organisasi kepemudaan ingin mengadakan kegiatan HALAL BI HALAL yang bertujuan :
Untuk mengisi dan memeriahkan Hari Raya Idhul Fitri  1432 H.
Agar terbina kerjasama antar sesama rekan-rekan muda-mudi Karang Taruna Maju Bersama.
Menjalin kerukunan dan menumbuhkan rasa kebersamaan antar warga masyarakat disekitar Karang Taruna Maju Bersama berada.
III. Kegiatan
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSNAAN
Acara halal bihalal ini, akan kami laksanakan pada :
Hari                 :
Tanggal           :
Waktu             : 09.00 s/d selesai
Tempat            : Balai Dusun Tlangu
SUSUNAN ACARA
Terlampir.
SUSUNAN PANITIA
Terlampir.
IV. ANGGARAN
Terlampir.
V. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan.
Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Ketua Pelaksana
________________________
Tlangu, 8 Agustus 2011
Sekertaris
_________________________

Mengetahui,
Kepala Dusun Tlangu
______________________

     Setiap kegiatan resmi di masyarakat atau pun di lingkungan lembaga pendidikan yang akan diadakan biasanya di susun proposal kegiatannya terlebih dahulu. Proposal ini berisi rancangan kegiatan yang akan di adakan. Tujuan dari penyusunan poroposal ini selain agar kegiatan terencana dengan baik juga berfungsi sebagai sarana fundrising.

     Proposal skripsi ini berisi tentang gambaran kegiatan penelitian yang akan dilakukan, mulai dari tujuan, latar belakang, metode, pendanaan, hingga waktu yang digunakan.

     Proposal bisnis / usaha ini bertujuan untuk menjual ide usaha kepada pihak lain dengan harapan ide tersebut diterima dengan kompensasi bantuan modal usaha.

4. Proposal pengajuan kredit
     Proposal pengajuan kredit ini biasanya dibuat oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mengajukan suntikan modal usaha dari koperasi atau bank yang menyediakan bantuan dana untuk UKM.

     Proposal penelitian ini biasanya disusun oleh mahasiswa, peneliti, dosen yang akan melakukan penelitian pada topik tetentu. Proposal peneletian ini selain memaparkan rancangan penelitian yang akan dikerjakan juga berisi tentang gambaran pembiayaan yang diperlukan.

     Setiap media baik media komunitas maupun media komersial membutuhkan pendanaan untuk keberlangsungan hidupnya. Dan sebagian besar dana tersebut diperoleh dari pemasangan iklan. Oleh karena itu penawaran kerjasama (sponsorship) untuk iklan ini membutuhkan perencanaan yang matang.Untuk menggambarkan kondisi media dan penawaran kerjasama biasanya disusun sebuah proposal sponshorship. Sehingga pihak sponsor bisa memutuskan apakah mereka memasang iklan atau tidak pada media tersebut




Bagian ini berisikan uraian/penjelasan yang berkaitan dengan fenomena-fenomena atau alasan-alasan yang mendasari mahasiswa/peneliti memilih atau tertarik untuk meneliti tema yang ditulis.

Atas dasar latar belakang masalah yang telah dijelaskan sebelumnya, pada bagian ini mahasiswa/peneliti mulai mengidentifikasi, membatasi dan selanjutnya merumuskan masalah yang hendak diteliti. Setelah rumusan masalah ada, mahasiswa/peneliti dapat menterjemahkan rumusan masalah tersebut dalam bentuk kalimat pertanyaan penelitian.

Bagian berisi tujuan penelitian yang hendak dicapai, dan hal ini seharusnya mengacu kepada rumusan dan pertanyaan penelitian yang telah dibuat sebelumnya.

Sedikit berbeda dengan tujuan penelitian, sub bab manfaat penelitian berisikan manfaat penelitian yang dapat diperoleh dari penelitian yang akan dilakukan mahasiswa/peneliti tersebut.

Bagian berisikan tentang bagaimana secara ilmiah, penelitian akan dilakukan. Poin-poin penting dalam bagian ini adalah :
1.5.1. Objek penelitian
1.5.2. Data / Variabel
1.5.3. Metode pengumpulan data / variabel
1.5.4. Hipotesis
1.5.5. Alat analisis yang digunakan,

Bagian ini hanya ada selama mahasiswa/peneliti masih dalam tahap pengajuan UP (usulan penelitian), dan dihilangkan dalam penulisan format PI selanjutnya.


Bagian ini berisikan berbagai pengertian dan pemahaman mengenai teori yang benar-benar relevan dengan topik dan variabel.

Bagian ini berisikan kajian mahasiswa/peneliti terhadap hasil-hasil penelitian sejenis atau penelitian yang memiliki kesamaan topik atau variabel dengan topik atau variabel yang sedang dan akan diteliti oleh mahasiswa/peneliti.

Bagian berisi penjelasan rinci (rumus, formulasi, langkah-langkah perhitungan, dsb.) mengenai berbagai alat analisis deskriptif dan kuantitatif yang akan digunakan dalam analisis masalah/pembahasan.


3.2. Data / Variabel Yang Digunakan
3.3. Metode Pengumpulan Data
3.4. Hipotesis
3.5. Alat Analisis Yang Dingunakan

ini dibuat untuk memberikan ruang yang lebih luas lagi bagi mahasiswa/peneliti dalam menguraikan dan menjelaskan metode penelitian yang akan digunakan, sementara keberadaan sub-bab 1.5. terlalu ringkas, khususnya untuk materi-matari penelitian dengan menggunakan data primer dan melakukan survei.


Bagian berisikan Data dan Profile singkat objek penelitian

Dalam bagian ini, mahasiswa/peneliti mulai menyajikan data dan hasil penelitian dan mulai menganalisis secara deskriptif ( dengan tabel, grafik, flow, dan sejenisnya) serta mengkombinasikannya dengan analisis kuantitatif yang telah disebutkan dibagian sub-bab 1.5.5.

Berbeda dengan kesimpulan, bagian ini berisi rangkuman hasil penelitian, yang umumnya dapat disajikan dalam tabel ringkasan hasil.


Bagian ini berisikan kesimpulan dari hasil penelitian mahasiswa/peneliti, yang pada prinsipnya merupakan jawaban dari pertanyaan penelitian yang ada.

Isi yang ada pada bagian ini harus diprioritaskan pada saran terhadap butir-butir kesimpulan yang ada.

Untuk beberapa kasus materi penelitian dan mungkin juga mahasiswa, bagian ini dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai keterbatasan yang ada dalam penelitian.

- Daftar Pustaka
Berisi daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dll), yang digunakan dalam penulisan.
- Daftar Simbol
Berisi deretan simbol-simbol yang digunakan dalam penulisan, lengkap dengan keterangannya.
- Lampiran
Penjelasan tambahan, dapat berupa uraian, program, gambar, perhitungan- perhitungan, grafik, atau tabel, yang merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan di bagian-bagian terkait sebelumnya.




Proposal Kegiatan Ilmiah Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Pergaulan Bebas Remaja Di Mojokerto



I     . Latar Belakang
   Banyak kasus asusila seperti pencabulan terhadap anak dibawah umur atau pergaulan bebas yang terjadi dimasyarakat yang disebabkan oleh kemajuan teknologi informasi terutama internet. Dengan maraknya warnet dengan mudah anak dapat mengakses situs-situs porno. Faktor lemahnya pengawasan orang tua juga menjadi faktor penting maraknya pergaulan bebas. Maka dari itu perlu diadakan seminar pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap pergaulan bebas untuk seluruh siswa-siswi yang ada di Kota Mojokerto ini yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Mojokerto.

II   . Perumusan Masalah
·         Apakah dampak teknologi informasi terhadap pergaulan bebas remaja di Kota Mojokerto.
·         Apa penyebab terjadinya tindakan asusila terhadap anak dibawah umur.

III  . Pembatasan Masalah
   Dari perumusan masalah diatas, agar pembahasan lebih terfokus dan berbobot, topik atau permasalahan dibatasi hanya pada “Dampak Teknologi Informasi Terhadap Pergaulan Bebas Pada Remaja”.

IV  . Tujuan Pelaksanaan
   Tujuan seminar ini agar semua siswa di Kota Mojokerto dapat mengetahui dampak teknologi informasi terhadap pergaulan bebas pada remaja dan dapat mengantisipasinya.

V    . Jenis Kegiatan
   Seminar pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap pergaulan bebas remaja di mojokerto.

VI   . Teknik Pelaksanaan
1.      Mengundang seluruh siswa SMP, MTs – SMK, SMA, MA, MAK dengan beberapa perwakilan masing-masing sekolah 20 anak.
2.      Selanjutnya dilakukan seminar di Aula SMK Negeri 1 Kota Mojokerto.
VII  . Lokasi dan Waktu Pelaksanaan
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada
Hari        : Sabtu, 1 Desember 2012
Waktu    : 08.30 – 11.00 Wib
Tempat   : Aula SMK Negeri 1 Kota Mojokerto
VIII. Program Kegiatan
Jadwal pelaksanaan seminar

Tempat
1. Penyebaran undangan
Senin-Selasa
26-27/ 11 / 2012
08.00-12.00 Wib
Siswa se kota Mojokerto
   
2. Seminar
Sabtu
1 / 12 /2012
08.30- 11.00 Wib
Aula SMK N 1 Kota Mojokerto





IX   . Kepanitiaan
Berikut ini susunan panitia :
·         Pembina             : Drs. Harol Kristiyandoko, M.T.
·         Ketua                 : Kiki David Panca
·         Sekretaris           : Mitra sucipto
·         Bendahara         : M. Badrus syamsun
·         Anggota             : 1. Jazuli Alif surya
                                            2. Maulana Iqbal
                                            3. Habib Isais Kusuma
                                            4. Jefri Gunawan
                                            5. M. Asheaf Hermawan

X. Anggaran Biaya
No
1. Transportasi
Rp. 50.000,00

2. Makanan dan minuman

a. Tamu undangan 200 x Rp. 3.500
Rp. 700.000,00

b. Panitia 20 x Rp. 3.000
Rp.   60.000,00

c. Minuman gelas 7 kardus x Rp. 15.000
Rp. 105.000,00

3. Peralatan
Rp. 200.000,00

Jumlah anggaran
Rp. 1.115.000,00

XI    . Penutup
Demikian isi dari proposal ini. Besar harapan kami agar proposal ini dapat disetujui.
Mojokerto, 21 November 2012

Panitia Pelaksana
    Sekretaris                                                                                  Ketua

 Mitra Sucipto                                                                       Kiki David Panca 
Mengetahui
Kepala SMK N 1 Kota Mujokerto

Drs. Harol Kristiyandoko, M.T.



1. Judul Proposal








PROPOSAL KEGIATAN
HALAL BIHALAL







Sumber :
Contoh Proposal, http://www.makalahonline.com, 2013
Proposal, http://ananda-nando.blogspot.com, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar