Sabtu, 21 November 2015

Proposal Usaha Makanan Tradisional " Martabak Manis "

Proposal Usaha Makanan Tradisional " Martabak Manis "
I. Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Untuk kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan tradisonal yang khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah “MARTABAK MANIS”. Pembuatan makanan tradisonal yang khas berasal dari Indonesia ini dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Keberadaan Martabak Manis sebagai salah satu makanan tradisonal khas Indonesia memiliki rasa yang enak, nikmat, m,engandung protein dan juga lezat memang telah dikenal dari masa kemasa, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.
Dengan meihat potensi atau kelebihan seperti hal tersebut di atas, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan “MARTABAK MANIS” untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan makanan tradisional yang khas Indonesia tersebut.

II. Visi
Menjadikan Martabak Manis sebagai makanan tradisonal khas Indonesia yang mampu menembus pasaran dunia

III. Misi
-          Membuat martabak manis yang memiliki aneka rasa
-          Memasarkan martabak manis di pasar tradisional maupun pasar modern
-          Mendirikan usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia


IV. Analisa Peluang Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:

1. Strenght (Kekuatan)
    Kekuatan dari produk ini adalah:
    - Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
   - 1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
   - Bahan produk yang terjamin dan higienis

2. Weakness (Kelemahan)
    Kelemahan dari produk ini adalah:
    - Tidak tahan lama
    - Produknya mudah ditiru

3. Opportunity (Peluang)
    - Tempat Strategis
    - Fasilitas yang cukup memadai

4. Threath (Ancaman)
    - Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah

V. Marketing Mix
1.  Product (Produk)
Produk yang dijual adalah "Martabak Manis" yang merupakan makanan selingan sehari-hari

2. Price (Harga)
Harga perporsi Rp 12.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah

3. Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
5. Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu di Delanggu, tepatnya di depan pasar Delanggu Klaten, karena letaknya cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen)

VI. Proses Produksi
Untuk membuat martabak manis, bahan-bahan yang diperlukan dan proses produksinya seperti berikut :
Bahan:
    * 2 butir telur
    * 450 ml air
    * 350 gr tepung terigu serbaguna
    * 75 gr gula pasir
    * 25 gr susu bubuk full cream
    * 5 gr garam
    * 5 gr baking soda
    * 1 gr vanili bubuk
    * 50 ml minyak sayur
    * Filling: susu kental manis, keju, mesyes, kacang tanah, wijen *sesuai selera*

Cara membuat:
1.      Kocok lepas telur, masukkan air hingga air berbuih.
2.       Campur rata semua bahan kering, masukkan ke dalam air. Kocok hingga semua bahan   larut.
3.       Masukkan vanili dan minyak sayur aduk rata. Diamkan adonan selama 30 menit.
4.       Tuang ke dalam cetakan martabak manis yg sudah dipanaskan, tutup sampai permukaan berpori-pori.  Tabur dengan sedikit gula pasir pada permukaan. Tutup kembali hingga matang
5.      Angkat dan oles dengan butter, tabur dengan bahan filling
6.      Lipat oles atasnya dengan butter, potong2.

VII.  Perhitungan Modal dan Harga Jual

         1. Modal :
- Bahan Baku
1. Terigu 2 kg                                                  Rp  14.000
2. Telur 2 kg                                        Rp  14.000
3. Gula Pasir 1 Kg                                Rp  10.000
4. Air                                                   Rp   -
5. Garam                                              Rp   2.000
6. Soda kue                                          Rp   3.000
7. Blue Band                                        Rp   5.000
8. Pewarna kuning                               Rp   3.000
9. Fermipan                                        Rp   3.000
                                                            ---------------
                                                            Rp.53.000
- Bahan Taburan
1. Kacang tanah 1/2 kg                        Rp   5.000
2. Meises                                                         Rp   5.000
3. Keju                                                 Rp  11.000
4. Susu kental MANIS                         Rp   7.000
5. Wijen                                               Rp   5.000
                                                          -----------------
                                                                        Rp. 45.000

- Bahan baku tambahan (gas)              Rp. 40.000
Bahan baku + Bahan taburan + Bahan baku tambahan = Rp 53.000 + Rp 45.000 + Rp 40.000 =  Rp.138.000

2.  Harga Jual
Harga Jual:                                                       Rp 10.000 x 40 porsi = Rp 400.000
Harga Pokok Produk per unit:
Harga beli bahan baku                         Rp  3.450
Harga beli bahan tambahan                 Rp  1.000
                                                             -------------
                                                            Rp  4.450
Jumlah Hpp:                                Rp  4.450 x 40 porsi = Rp 178.000
VIII. Perhitungan Rugi Laba
Pendapatan dari penjualan                                            Rp.  400.000
Harga Pokok Penjualan                                                 Rp.  178.000
Laba Kotor                                                                    Rp.  222.000

    Biaya penjualan:

    Biaya pembuatan brosur                                                Rp   30.000
    Biaya transportasi                                                          RP   30.000
    Biaya sewa tempat                                                         Rp   25.000
    Biaya listrik dan air                                                        Rp   10.000
    Biaya komunikasi                                                           Rp   20.000
    Biaya lainnya                                                                 Rp   10.000
                                                                                           ---------------
                                                                                           Rp 125.000

    Laba bersih                                                                     Rp   97.000

    Perhitungan margin keuntungan =

    Rp   97.000
    ---------------- x 100% = 24,25%
    Rp 400.000

IX. Analisis Keuntungan :
     
       Pendapatan per bulan :
              Omzet Rp. 400.000 x 30 hari =                                Rp. 12.000.000
              Laba kotor per bulan 222.000 x 30 =                        Rp.   6.660.000

       Keuntungan bersih per bulan :
             (Rp.222.000.000 – Rp. 125.000) x 30 =                    Rp.   2.910.000

X. Kesimpulan
Kesimpulan bahwa agar produk yang kita pasarkan dapat diterima oleh semua kalangan, baik dalam negeri maupun luar negeri maka kita harus :
-    Membuat produk yang bermanfaat, berkualitas dan laku dijual dengan harga bersaing;
-    Membuat desain yang baru dan harga terjangkau;
-    Membuat produk lebih cepat dan lebih murah;
-    Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang menguntungkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar